yang BEPnya cuma 5 jam juga ada koq Pak, jualan nasi kuning(nasi
uduk) hehehehe...
ini pengalaman saya jaman kuliah dulu,
kebetulan kampus baru aja di pindahkan dari sekeloa ke jatinangor,
belum banyak orang jualan dan masih gersang.
saya yang tiap pagi berangkat kuliah sarapan dulu, sampai di kampus
ngeliat temen-temen pada "ngeces" karena nggak ada yang jual makanan.
dari situ langsung keidean untuk jual "sarapan"
gimana caranya? pertama saya hubungi tetangga yang memang jualan nasi
kuning yang menurut saya dan keluarga sangat enak karena nasinya
pulen dan tidak lengket, belum lagi sambel oncomnya.... maknyuuuusss.
saya bilang mau pesen nasi kuning 20 bungkus, dengan harga 400 rupiah
(sekitar tahun 1996 nasi kuning 400rp udah pake irisan telur, irisan
timun, kerupuk dan sambel oncom), terus saya kasih kemasan ke ibu
yang bikin nasi kuning itu, pake kemasan plastik, ditambah
sendok "bebek" plastik yang kualitas 1 (pinggirannya ndak tajem),
untuk kemasan dan sendok habis 65rp/pc.
Saya bilang besok pagi jam 6 saya ambil udah siap ya bu.
besok paginya saya berangkat kuliah, saya bawa tuh 20 bungkus nasi
kuning seharga 500rp(465rp) , saya titipkan di tukang parkir kampus
(sebelumnya saya sudah sounding sama dia mau titip dagangan)saya
bilang sama tukang parkir titip jualin dengan harga 1000 dari saya,
mamang jual bebas aja berapa. akhirnya dia jual harga 1500 sudah
termasuk teh botol (jaman dulu teh botol kalau nggak salah masih di
kisaran 200- 300 rp)
4 jam saya kuliah dan mau pulang saya tanya tukang parkir gimana
jualannya? Habis den. Alhamdulillah. ..
jadi dalam 5 jam jualan saya sudah BEP dongk. :D modal 500rp kali 20
= 10rb rp pulang-pulang bawa uang 20 rb rp. hehehehehhee. ...
kalau yang seperti itu udah termasuk bisnis belum ya Pak Hadi?
besoknya saya langsung tambah quantitinya jadi 40 pcs, Alhamdulillah
habis lagi.....seterusnya saya cuma bisa bawa 40 pcs itu, wong pake
motor dari bandung ke jatinangor(jarak kurang lebih 25 Km) mau
kuliah. selama beberapa bulan jalan terus dan Alhamdulilah pulang
kuliah habis terus. Dari situ saya sudah nggak pernah minta uang
bensin lagi sama ortu.
Tapi ceritanya berakhir setelah saya mulai jarang kuliah karena sudah
mulai skripsi. si mamang tukang parkir akhirnya coba menduplikasi
nasi kuning saya, dan dari ceritanya hanya laris beberapa hari,
selanjutnya sering sisa, sehingga akhirnya dia nggak jualan nasi
kuning lagi, mungkin rasanya nggak seenak nasi kuning yang saya jual.
kasian juga sih. tapi saya udah jarang ke kampus jadinya kalau
dipaksakan berat diongkos.
jadi buat rekan-rekan yang belum action, segeralah action. seperti
yang Pak Hadi katakan, mulailah dari yang kecil. jangan kita bermuluk-
muluk, tetapi lakukan sesuai kemampuan dulu. lambat laun perbesarlah.
mengenai nasi kuning ini pun saya masih berkeyakinan, bahwa ini
merupakan peluang usaha yang kalau ditekuni bukanlah sesuatu yang
remeh temeh, justru yang remeh temeh ini yang jarang dilirik orang
dan biaya untuk memulainya tidak terlalu besar tetapi memberikan
income yang cukup besar.
ada cerita lainnya yang sangat religius, soal jual nasi kuning di
kampus ini, semuanya berhubungan dengan rasa malu alias gengsi, dan
saya langsung di "peringatkan" oleh Allah. ceritanya saya sharing di
postingan berikutnya.
Someone
Tidak ada komentar:
Posting Komentar